KEPEMIMPINAN DALAM SETTING INSTANSI PENDIDIKAN TINGGI Sebuah Studi Kasus pada Pemimpin/ Rektor Universitas Negeri Makassar

Ainun Nida Rifqi, Ika Febrian Kristiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kepemimpinan seorang rektor Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang bertujuan untuk mengetahui gambaran kepemimpinan seorang Rektor Universitas Negeri Makassar. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara. Subjek penelitian merupakan seorang Rektor Universitas Negeri Makassar yang menjabat selama 2 periode dari tahun 2008-2012 dan 2012-2016, subjek didapatkan melalui teknik purposif. Penelitian ini menggunakan analisis data Creswell. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, subjek merasa bahwa jabatan yang diamanahkan kepada dia saat ini merupakan campur tangan Tuhan dan adanya kemauan pada diri subjek. Pengalaman karir yang dilalui subjek sebelum menjadi rektor cukup panjang atau cukup beragam. Gaya kepemimpinan demokratis yang digunakan subjek cukup efektif diterapkan di Universitas Negeri Makassar. Subjek yang mempunyai latar belakang budaya Makassar mampu mengetahui karakteristik mahasiswa dan bawahan yang mempunyai mayoritas latar belakang budaya yang sama. Latar belakang budaya yang sama mempengaruhi pengambilan keputusan subjek dalam menerapkan strategi-strategi pemecahan masalah. Pola komunikasi yang diterapkan subjek hanya berjalan lancar pada salah satu golongan saja, sementara golongan lain merasa subjek kurang dalam berkomunikasi. Resolusi konflik yang digunakan kedua belah pihak yang terlibat konflik yaitu mahasiswa dan pihak kampus, pada awalnya menggunakan metode tanpa kekerasan tetapi setelah berjalannya waktu metode ini selalu berujung dengan tindakan agresi fisik sehingga tidak jarang pihak kampus menggunakan pihak ketiga yaitu pihak kepolisian untuk menangani konflik ini.

Keywords


kepemimpinan;rektor; Universitas Negeri Makassar; pendidikan; perguruan tinggi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------------------------

Jurnal Empati

Fakultas Psikologi UNDIP

Gedung Dekanat Fakultas Psikologi

Universitas Diponegoro - psikologi@undip.ac.id


 


Creative Commons License
Empati by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats