HUBUNGAN ANTARA KELEKATAN AMAN TERHADAP IBU DAN PENYESUAIAN DIRI PADA MAHASISWA TAHUN PERTAMA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO

Melyza Syarifa, Endang Sri Indrawati

Abstract


Mahasiswa tahun pertama seringkali mengalami permasalahan penyesuaian diri pada masa awal kuliah. Penyesuaian diri dipengaruhi salah satunya yaitu faktor lingkungan yang didalamnya terdapat keluarga. Interaksi yang terjalin dalam sebuah keluarga dalam kurun waktu yang lama akan menimbulkan sebuah ikatan emosional didalamnya termasuk anak dengan ibu. Ikatan emosional antara anak dengan ibu yang dianggap paling berhasil adalah kelekatan aman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kelekatan amanterhadap ibu dengan penyesuaian diri pada mahasiswa tahun pertama Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini berupa Skala Penyesuaian Diri yang terdiri atas 34 aitem valid, α = .92 dan skala kelekatan amanterhadap Ibu terdiri atas 23 aitem valid, α = .90. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa tahun pertama Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang. Sampel penelitian berjumlah 114 mahasiswa Teknik pengambilan sampel dengan teknik convenience sampling. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi sederhana. Berdasarkan analisis data yang dilakukan diperoleh nilai koefisien korelasi rxy = .56 (p < .001), yang menyatakan bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Sumbangan efektif kelekatan amanibu terhadap penyesuaian diri sebesar 31%.

Keywords


penyesuaian diri; kelekatan aman terhadap ibu; mahasiswa tahun pertama

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------------------------

Jurnal Empati

Fakultas Psikologi UNDIP

Gedung Dekanat Fakultas Psikologi

Universitas Diponegoro - psikologi@undip.ac.id


 


Creative Commons License
Empati by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats