HUBUNGAN ANTARA PENGELOLAAN KELAS DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA SMA KELAS XI

Hapsari Listya Putri, Anita Listiara

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengelolaan kelas dengan motivasi berprestasi siswa kelas XI dan penelitian dilakukan di SMA Don Bosko Semarang. Subjek penelitian berjumlah 97 siswa kelas XI yang didapatkan melalui teknik cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Motivasi Berprestasi (30 aitem; α=0,884) dan Skala Pengelolaan Kelas (48 aitem; α=0,94). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara pengelolaan kelas dengan motivasi berprestasi (r=0,598 dan p<0,001). Pengelolaan kelas memberikan sumbangan efektif sebesar 35,8% terhadap motivasi berprestasi siswa.

Keywords


pengelolaan kelas; motivasi berprestasi; siswa SMA

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------------------------

Jurnal Empati

Fakultas Psikologi UNDIP

Gedung Dekanat Fakultas Psikologi

Universitas Diponegoro - psikologi@undip.ac.id


 


Creative Commons License
Empati by http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/empati is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats