USULAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENERIMAAN CALON KARYAWAN BARU MENGGUNAKAN METODE AHP (STUDI KASUS DEPARTEMEN PERSONALIA PADA PT KUBOTA INDONESIA)

Wisnu Wardhana, Aries Susanty, Rani Rumita

Abstract


PT Kubota Indonesia merupakan suatu perusahaan yang terjun dalam bidang usaha permesinan dagang merek dagang “Mesin Diesel Kubota”. Proses penerimaan calon karyawan baru pada PT Kubota Indonesia yang dilakukan oleh Departemen Personalia terdiri dari 3 tahapan yaitu Tahap Administrasi, Tahap Akademik Psikotes dan Tahap Wawancara. Ketiga tahapan tersebut memiliki kritera-kriteria penilaian penerimaan calon karyawan baru  pada masing-masing tahapan yang dapat menentukan diterima atau tidaknya seseorang yang melamar pekejaan pada perusahaan tersebut.

Identifikasi kriteria pada proses penerimaan calon karyawan baru sangat diperlukan agar dapat menjaring karyawan yang lebih berkompeten dalam bidangnya sehingga dapat memberikan solusi bagi perusahaan untuk meningkatkan kinerja karyawan. Untuk mengetahui kinerja karyawan khusunya bagi karyawan baru, dilakukan penilaian kinerja dengan standar penilaian kinerja yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Standar penilaian kinerja bagi karyawan baru dilakukan setelah 1 tahun karyawan bergabung dalam perusahaan. Standar tersebut menjadi patokan bagi perusahaan untuk mengukur apakah karyawan baru tersebut layak untuk menjadi karyawan tetap di PT Kubota Indonesia.

Pada proses pengambilan keputusan penerimaan calon karyawan baru seringkali pengambilan keputusan dihadapkan pada permasalahan yang bersumber dari ketelitian dalam meminimalisir kesalahan dalam melakukan perekapan data penilaian calon karyawan baru yang masih menggunakan cara manual yaitu dengan fasilitas Microsoft Excel. Maka diperlukan suatu sistem yang dapat mengatasi hal tersebut yaitu salah satunya yang dilakukan penulis dengan memberikan usulan perancangan Sistem Pendukung Kuputusan penerimaan calon karyawan baru dengan menggunakan metode AHP.

Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) merupakan suatu metode pengambilan keputusan yang digunakan dalam perancangan Sistem Pendukung Keputusan. Fungsi dari AHP adalah memberikan bobot penilaian terhadap kriteria-kriteria yang berpengaruh dalam proses penerimaan calon karyawan baru pada tahap akademik psikotes dan tahap wawancara. Dengan adanya Sistem Pendukung Keputusan menggunakan metode AHP  merupakan cara yang efektif dalam pengambilan keputusan sehingga dapat membantu pihak personalia dalam pengambilan keputusan.

Pengujian yang dilakukan terhadap Sistem Pendukung Keputusan menggunakan pengujian alpha dan pengujian beta. Dari pengujian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa secara fungsional sistem sudah dapat menghasilkan output yang diharapkan dan sistem pendukung keputusan dinilai sudah memenuhi kebutuhan pihak personalia yaitu mempermudah dalam pengambilan keputusan, mudah dipelajari, mudah digunakan, tampilan yang di bangun sudah sesuai, dan menghasilkan laporan yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.


Keywords


Microsoft Excel; Sistem Pendukung Keputusan; Analytical Hierarchy Process (AHP); Pengujian Alpha; dan Pengujian Beta

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Teknik Industri

Fakultas Teknik - Universitas Diponegoro

Jl. Prof. Soedarto, SH Tembalang Semarang 50239

Telp / Fax : (024) 7460052

Email : i_engineering@ymail.com