ANALISIS PENGARUH PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN MUTU ISO 9001:2008 TERHADAP KEPUASAN DAN KINERJA KARYAWAN (Studi Kasus di PT Intech Anugrah Indonesia)

Anindhita Nadia Lukitaningrum, Bambang Purwanggono

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini ditunjukan untuk mengkaji persepsi karyawan mengenai penerapan SMM ISO 9001:2008 dan dampaknya terhadap kepuasan kerja dan kinerja di PT Intech Anugrah Indonesia yang bergerak di bidang elektronik. Penggunaan variabel-variabel tersebut dengan alasan hasil peneltian terdahulu, yaitu Volmohammady (2011)  dan Mariana (2008) menunjukan bahwa penerapan ISO 9001:2000 secara positif berhubungan dengan kepuasan kerja karyawan. Hasil penelitian dari Muhadi (2007) menunjukan bahwa Kepuasan kerja karyawan  akan mempengaruhi kinerja karyawan

Metode penelitian bersifat analisis kuantitatif, dan data yang diperoleh berdasarkan jawaban kuisioner. Sampel penelitian ini adalah staff dan karyawan PT Intech Anugrah Indonesia sejumlah 190 orang. Pengolahan dan analisa data akan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan software AMOS. Hasil analisis menunjukan bahwa faktor- faktor penerapan SMM ISO 9001 yaitu komunikasi internal, perbaikan berkelanjutan, prosedur  (SOP), keterlibatan karyawan berpengaruh positif terhadap kepuasan karyawan, sedangkan untuk pelatihan tidak berpengaruh terhadap kepuasan karyawan. Hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa kepuasan karyawan berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan.

 


Keywords


Penerapan ISO 9001:2008; Kepuasan Karyawan; Kinerja Karyawan; Structural Equation Modeling

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Teknik Industri

Fakultas Teknik - Universitas Diponegoro

Jl. Prof. Soedarto, SH Tembalang Semarang 50239

Telp / Fax : (024) 7460052

Email : i_engineering@ymail.com