ANALISIS KESIAPAN DAN FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PERUSAHAAN FURNITUR DALAM MENDAPATKAN SERTIFIKASI EKOLABEL

Awan Riska Prakasa, Haryo Santoso

Abstract


Ecolabelling diartikan sebagai kegiatan pemberian label yang berupa simbol, atribut atau bentuk lain terhadap suatu produk dan jasa. Label ini akan memberikan jaminan kepada konsumen bahwa produk/jasa yang dikonsumsi tersebut sudah melalui proses yang memperhatikan kaidah-kaidah pengelolaan lingkungan. Konsep ekolabel tampaknya merupakan alternatif yang tidak dapat dihindarkan oleh dunia usaha jika produk – produk ekspor tidak ingin ditolak oleh negara – negara konsumen. CV.Kaisar Reprofurni adalah salah satu perusahaan furnitur yang belum mendapatkan ekolabel. Penelitian ini bertujuan untuk faktor – faktor yang memepengaruhi minat perusahaan untuk untuk mendapatkan sertifikasi ekolabel dan mengetahui kesiapan perusahaan dibandingkan dengan perusahaan lain sejenis yang telah bersertifikasi ekolabel.

Penelitian dilakukan dengan membandingkan CV. Kaisar Reprofurni dengan perusahaan yang telah mendapatkan sertifikasi ekolabel, yaitu PT. Kota Jati Furindo dan CV. Kelvindo. Kuesioner disebarkan kepada karyawan masing – masing perusahaan dan diolah dengan menggunakan tools PLS dengan bantuan software SmartPLS . Dari pengolahan kuesioner diperoleh hasil bahwa faktor – faktor yang mempengaruhi minat CV. Kaisar Reprofurni untuk meraih sertifikasi ekolabel adalah faktor kondisi pasar, faktor ketersediaan bahan baku, faktor peran pemangku kepentinga dan faktor kondisi buyer. Kesiapan CV. Kaisar Reprofurni dalam mendapatkan sertifikasi ekolabel dibandingkan dengan kedua perusahaan tidak ada perbedaan yang signifikan untuk seluruh indikator konstruk prinsip CoC dan dinyatakan siap.

 

Ecolabelling be defined as labeling activities in the form of symbols, attributes or any other form of a product and services. This label will provide assurance to consumers that the products / services consumed has been through a process that takes into account the principles of environmental management. Ecolabel concept seems to be an alternative that can not be avoided by the business if the product - do not want to export products rejected by the consumer. CV.Kaisar Reprofurni is one of the furniture companies do not get the ecolabel. This study aims to factors that interest for company to obtain certification of ecolabel and find out the readiness of companies by compared with other similar companies that have been certified ecolabel.

The study was conducted by comparing the CV. Kaisar Reprofurni with PT. Kota Jati Furindo and CV. Kelvindo that have earned certification of ecolabel. Questionnaires distributed to employees each companies and processed using PLS tool’s with SmartPLS software. Results showed that factors affect the interests CV. Kaisar Reprofurni to achieve certification of ecolabel were market conditions, the availability of raw materials, stakeholders role and condition of buyers. Readiness CV. Kaisar Reprofurni in obtaining certification ecolabel compared with the two companies there is no significant difference for the entire CoC construct indicators and declared ready.

 


Keywords


Analisis Faktor; Chain Of Custody (CoC); Ecolabelling; Industri Furnitur

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Program Studi Teknik Industri

Fakultas Teknik - Universitas Diponegoro

Jl. Prof. Soedarto, SH Tembalang Semarang 50239

Telp / Fax : (024) 7460052

Email : i_engineering@ymail.com