KETERSEDIAAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN INFORMASI SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 3 SEMARANG

Yuli Astria, Tri Wahyu Hari Murtiningsih

Abstract


Perpustakaan merupakan salah satu sarana pendukung internasionalisasi pendidikan. Perpustakaan menyediakan koleksi sesuai dengan kebutuhan. Kebutuhan informasi siswa beranekaragam. Skripsi ini membahas tentang ketersediaan koleksi yang ada di perpustakaan SMA Negeri 3 Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketersediaan koleksi perpustakaan untuk memenuhi kebutuhan informasi siswa kelas XI di SMA Negeri 3 Semarang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif dengan pendukung data kuantitatif.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI dengan jumlah 438 siswa. Sampel penelitian berjumlah 44 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proposional sampling. Sementara itu, Teknik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketersediaan koleksi di perpustakaan kurang baik, koleksi yang tersedia masih belum lengkap. Kebutuhan informasi siswa terhadap gol. 000-900, koleksi referensi dan koleksi berkala cukup besar, sementara koleksi yang tersedia di perpustakaan masih kurang lengkap dan tidak mutakhir. Koleksi yang tersedia di perpustakaan masih belum sesuai dengan kebutuhan siswa, karena siswa tidak pernah dilibatkan secara langsung dalam penentuan koleksi di perpustakaan. petugas hanya ada dua orang sehingga menyebabkan lambannya proses pelayanan dan kegiatan teknis di perpustakaan.
Simpulan dari hasil penelitian ini adalah ketersediaan koleksi di perpustakaan SMA Negeri 3 Semarang belum memenuhi kebutuhan informasi siswa kelas XI.

Keywords


koleksi; kebutuhan informasi; siswa kelas XI

Full Text:

FULL TEXT PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.