STRATEGI PENANGANAN KEBENCANAAN DI KOTA SEMARANG (STUDI BANJIR DAN ROB)

Inne Septiana Permatasari, Herbasuki Nurcahyanto, Mariyam Musawa

Abstract


Provinsi Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang rawan bencana. Bencana mengakibatkan penderitaan masyarakat yang disebabkan oleh faktor alam maupun non alam. Bencana yang sangat menonjol di Kota Semarang adalah banjir dan rob.
Fokus dan tujuan penelitian ini adalah bagaimana strategi yang telah ada di Rencana Strategi (Renstra) guna pencapaian penanganan banjir dan rob di Kota Semarang. Mengunakan metode analisis SWOT (Strenghts, Weakness, Opportunities, Threats) dalam analisis lingkungan strategis yang ada dalam penanganan banjir dan rob. Setelah isu-isu dalam lingkungan strategis diketahui, selanjutnya diuji dengan litmust test. Penilitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan informan yang berasal dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Pengelolaan Sumber Daya Air, dan masyarakat korban banjir dan rob di Kota Semarang.
Hasil penelitian yakni pada strategi penanganan banjir dan rob di Kota Semarang menghasilkan strategi bekerjasama dengan dinas/instansi, LSM, dan stakeholder lainnya, melakukan penyuluhan dan pendekatan pada masyarakat lebih intensif, peningkatan pengawasan Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah, dan pengoptimalan

Keywords


Strategi, Optimalisasi, Banjir dan Rob, Analisis Lingkungan, Analisis SWOT, Tes Litmus

Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.