PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK KACANG MERAH (Vigna Angularis) TERHADAP PENURUNAN KADAR GLUKOSA DARAH TIKUS WISTAR JANTAN YANG DIBERI BEBAN GLUKOSA

Farman S Farman S, Aryoko Widodo S

Abstract


Latar belakang : Tanaman kacang merah terkenal sebagai sumber serat, karena itu perananya dalam usaha mengendalikan kadar glukosa darah sangatlah penting, disamping kaya akan serat kacang merah juga merupakan sumber protein, karbohidrat, vitamin dan mineral. Kacang merah kering adalah sumber karbohidrat kompleks dan sumber serat yang terdiri dari serat larut dan serat tak larut. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan khasiat dari kacang merah yang dapat menurunkan kadar glukosa darah dengan pemberian ekstrak kacang merah pada tikus wistar yang diberi beban glukosa.


Metode : Penelitian jenis eksperimental dengan rancangan penelitian Randomized Post Test Control Group Design dengan binatang coba sebagai objek penelitian adalah tikus wistar berusia 3-4 bulan dengan berat 200-250 gram sebanyak 25 ekor yang dibagi menjadi lima kelompok. Data diperoleh dari pemeriksaan kadar glukosa darah pada menit ke 0, 30, 60, 90, 120 setelah dberi beban glukosa dengan menggunakan glukometer One Touch® Ultra TM . Data diolah
menggunakan SPSS for Windows Release 15.0


Hasil : Pemberian ekstrak kacang merah mempengaruhi penurunan kadar glukosa dalam darah, ditunjukkan dengan perbedaan yang bermakna antara kelompok negatif dengan kelompok perlakuan dimana hasil p<0,05. Perbedaan ini terlihat mulai dari menit ke-30 pada kelompok III (p=0,050) dan kelompok IV (p=0,001). Sedangkan pada kelompok II perbedaan yang bermakna terlihat mulai menit ke- 90 (p=0,000).


Kesimpulan : Pemberian ekstrak kacang merah (Vigna Angularis) pada dosis 0,063gr/200grBB; 0,126gr/200grBB; 0,252gr/200grBB dapat menurunkan kadar glukosa darah tikus wistar yang diberi beban glukosa. Namun efek hipoglikemik ekstrak kacang merah (Vigna Angularis) dengan dosis tersebut menunjukkan penurunan kadar glukosa darah yang tidak lebih besar dari dosis Glibenklamid 6,3gr/kgBB.


Kata kunci : Kacang merah, Glukosa Darah, Beban Glukosa


Keywords


Kacang merah, Glukosa Darah, Beban Glukosa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.